Orang Kalau Perutnya Udah Mules, ya begini ini

by rina 0

Pernah merasa bingung dengan teman kamu yang tiba-tiba ‘baper’? Atau mendadak gelisah ibarat artis di drama Korea? Jangan berprasangka buruk dulu, ya. Orang kalau perutnya udah mules, ya begini ini.

Keringat Dingin

Saat makan bareng teman kamu, mendadak dia berkeringat dingin dan berwajah pucat. Bisa jadi dia bukan khawatir dengan harga makanan. Apalagi takut diminta traktir sama kamu. Meskipun, dua kemungkinan di atas bisa dipertimbangkan juga sebagai alasan, sih.

Tetapi, mulas yang datang tanpa diundang bisa jadi penyebab kenapa teman kamu mendadak berkeringat dingin. Sebagai teman yang baik, selayaknya kamu menanyakan kondisi teman kamu. Jangan sampai hang-out kalian terganggu lantaran mulas.

Cenderung ‘Baper’

Tiba-tiba kok teman kamu jadi galak. Alih-alih fokus dengan percakapan yang sedang berlangsung, teman kamu malah terkesan mudah tersinggung. Yah, bisa dibilang teman kamu mendadak jadi drama queen.

Sebelum kamu juga tertular kebaperannya, lebih baik kamu segera mencari cara bertanya dengan halus ke teman kamu. Apakah dia sedang merasa tidak enak badan atau sedang mengalami kondisi lainnya. Bisa jadi dia berharap kamu peka terhadap perutnya yang mendadak mulas.

Mendadak Serba Cepat

Cepat tanggap, bicara cepat, dan berujung cepat menghilang. Jangan tersinggung dulu. Siapa tahu teman kamu sedang mencari ‘lokasi pelampiasan’ untuk menghilangkan mulesnya. Ibarat ‘jailangkung’, mulas kadang datang tak dijemput—pulang tak diantar.

Sebagai teman kamu harus bersabar. Orang kalau perutnya udah mules ya begini ini. Prioritas utamanya jadi berubah. Harapan utamanya hanya menemukan toilet terdekat dan terbersih yang bisa menghilangkan mulasnya, atau segera pulang dan meringkuk di kamar.

Ga Betah Duduk

Saat perut terasa mulas tentu kamu ingin segera meringkuk. Menggelung menahan sakit atau mengompres perut dengan air hangat. Minyak angin pun bisa jadi bantuan yang menenangkan dan membantu mengurangi sakit perut.

Maka berbaring jadi pilihan utama bagi yang lagi mulas. Berbaring dengan memeluk guling. Menghirup minyak angin. Mengolesi perut dengan minyak angin. Wah, dijamin mulasnya akan segera hilang.

Bukan cuma gejala orang yang sedang mulas yang perlu kamu kenali. Tetapi, yang terbaik adalah menemukan penyebab mulasnya. Bisa akibat psikologis, bisa juga akibat medis.

Salah satu penyebab mulas secara psikologis adalah ketemu dengan mantan. Apalagi kalau ditambah mantan kamu sedang menggandeng pacar baru. Wuiih, mulas bisa memuncak bahkan berujung pada ga ‘enak badan’ kronis.

Perut yang mulas lebih mudah diobati jika disebabkan oleh penyakit fisik atau sakit akibat periode mentruasi. Jika sakit akibat salah, kamu bisa mengonsumsi susu atau obat yang bisa kamu beli di minimarket, sebagai pertolongan pertama. Tetapi, jika mulas disebabkan oleh menstruasi, baiknya kamu beristirahat dan segera berbaring. Banyak minum air hangat juga akan sangat membantu menghilangkan sakit perutmu.

Nah, setelah menyimak, kamu bisa menyimpulkan sendiri, kan. Bagaimana orang kalau udah mules, pasti jadi berubah sikap. Jangan buru-buru ‘bete’, ya. Wajar kok, orang kalau perutnya udah mules, ya begini ini.