Tips Ampuh Mengajari Kucing Boker Pada Tempatnya

by adee 0

Siapa bilang memelihara kucing itu gampang? Siapa bilang kalau memelihara kucing bisa membuat kamu bahagia karena sering melihat wajahnya yang unyu? Memelihara kucing itu butuh perjuangan ekstra. Banting tulang buat beli makanannya yang lebih mahal dari nasi bungkus. Serius! Belum lagi kalau si kucingnya bandel jika disuruh boker ke kamar mandi. Sudah teriak-teriak: “Pus, sana pergi ke kamar mandi. Jangan boker sembarangan!” Eh, balasnya cuma: “Meong.” Kesel banget, kan?

Ok, sabar ya, kucingnya jangan digigit!  Daripada emosinya terus naik dan bikin stroke, lebih baik kita ajari tuh kucing bandel buat boker di tempatnya. Setuju? Nih, cara-caranya. Cermati baik-baik dan jangan lupa praktikkan langsung ke kucingnya.

1. Amati Gerak-gerik Mencurigakan pada Kucing

kucingmeong893479oj

Pertama-tama, amati wajah kucing kamu. Biasanya kucing kalau mau boker wajahnya jadi aneh. Kalau enggak meong-meong kayak orang sakit perut, ya suka ke pojokan lalu cakar-cakar enggak jelas. Kalau dibiarkan, kucing akan langsung boker atau pipis santai dengan wajah tak berdosa. Tahu sendiri kan, kita tuh enggak tegaan dengan wajah unyu kucing. Fix, jadi enggak tega jewer!

Kalau kucing sudah gelisah kayak gitu, coba deh angkat dan taruh di dekat WC. Kalau emang sudah kebelet, pasti dia mau boker di situ. Kalau enggak, ya tunggu saja sampai dia sakit perut. Ulangi kegiatan ini sampai beberapa kali supaya kucing kamu jadi terbiasa. Kalau kucing sudah merasa mules, dia bakalan kabur sendiri ke kamar mandi sebelum kamu angkat.

2. Cari Tempat yang Sepi, Jangan di Depan TV

tai_kucing

Kucing itu manjanya sudah kayak manusia. Serius! Dia itu sukanya boker di tempat yang lebih private, sepi, dan enggak banyak bunyi-bunyian. Kamu juga gitu kan, kalau kebelet terus di tempat ramai eeknya enggak mau keluar? Kucing itu tahu rasanya enggak bisa boker dengan tenang, akhirnya begitu dapat sepi dia balas dendam deh meski itu di karpet atau kasur kamu. Hiii…

Jika kucing sudah ada tanda-tanda mau boker. Segera ungsikan dia ke kamar mandi atau ke kotak litter-nya. Biarkan dia di sana selama beberapa saat. Kalau kamu enggak tegaan, boleh lah diintip. Tapi masa kamu mau sih ngintip kucing sendiri lagi buang air? Kan enggak etis.

3. Jaga Kebersihan Kandang Kucing Agar Terus Wangi

kandang_kucing_0121

Kucing itu hewan yang over banget dengan masalah kebersihan. Kalau kandang dan litter-nya bau, dia bakalan nahan sakit perutnya sampai kapan pun. Jadi daripada kucing boker sembarangan saat dilepas, lebih baik bersihkan kandangnya secara teratur. Kalau enggak, ya jangan marah kalau di karpet banyak “jebakan Batman.”

Sebelum boker biasanya kucing akan mengendus-endus. Kalau baunya enggak enak dia bakalan urung. Cari yang wangi-wangi. Mungkin selimut yang baru kamu cuci bisa jadi sasaran empuk berikutnya. Nah, kan ngeri!

4. Kucing Juga Suka yang Namanya Hadiah

hadiah_untuk_kucing

Kucing itu demen banget dengan yang namanya hadiah. Dia pun juga bakalan mengingat dalam rangka apa kamu memberinya hadiah, entah berupa camilan atau cuilan ikan mahal. Kalau mau melatih kucing biar pintar dan enggak bandel lagi kalau lagi boker, beri dia hadiah usai dilatih. Misalnya, setelah bisa boker di litter box atau di WC, langsung beri dia camilan. Ulangi terus hal ini hingga si meong jadi pinter. Kalau sudah dilatih seperti ini tetep bandel, omeli dia sampai nangis. Ah, sudahlah!

Inilah tips ampuh yang bisa kamu lakukan untuk mengajari kucing bandel boker di tempatnya. Semoga berhasil dan terus bersabar menghadapi cobaan, eh kucing, maksudnya!