duh, kok macet sih

by ariel 0

Hidup di kota besar, apalagi ibu kota, tidak pernah lepas dari yang namanya macet. Apapun penyebabnya, kemacetan tentu bukanlah momen yang menyenangkan. Apalagi kalo penyebabnya, 6 hal berikut ini, duh bikin gemes!

  1. Demo

Demo buruh atau demo mahasiswa, sering kali memakan ruas jalan, dan menyebabkan kemacetan panjang. Tidak jarang, saking besarnya jumlah massa yang terlibat, menyebabkan penutupan jalan dan pengalihan jalur. Mau menyampaikan aspirasi enggak usah sampai memakan hak pengguna jalan yang lain juga kali ya.

  1. Hujan

Memang benar hujan adalah rezeki, tapi hujan juga adalah penyebab kemacetan yang paling sering terjadi. Apalagi di Jakarta, baru hujan sebentar saja sudah menyebabkan macet di mana-mana. Bukan salah hujannya juga sih, penyebab sebenarnya adalah genangan air dan pengendara motor yang berteduh di kolong jembatan dan jalan layang. Para pengendara motor ini juga kadang tidak kira-kira, mereka bisa cuek saja berteduh dengan menghabiskan hampir setengah badan jalan.

  1. Kerumunan Penonton Kecelakaan

Ini nih juga termasuk yang paling menyebalkan. Setiap ada kecelakaan lalu lintas, pasti perjalananmu menjadi macet sekali. Bukan hanya karena kecelakaannya, tapi juga karena kerumunan masyarakat yang entah kenapa hobi sekali menonton di tempat kejadian, yang padahal mungkin saja bersimbah darah. Hobi yang sungguh mengganggu sekali bagi pengguna jalan lain yang terburu-buru ingin sampai ke tujuannya.

  1. Galian Jalan

Ya tau sih, galian jalan itu maksudnya untuk memperbaiki infrastruktur. Tapi kalau aktivitas tersebut dilakukan pada siang hari ketika kamu akan menuju tempat rapat dengan klien, ya sebal juga. Kenapa enggak malam aja gitu, Pak? Atau mungkin bisa minta bantuan jin seperti taktiknya Bandung Bondowoso ketika membangun Candi Perambanan—biar selesai dalam semalam.

  1. Anak Sekolah Pulang

Kalau rute yang kamu lewati berdekatan dengan sekolah, kamu pasti sering merasakan kemacetan akibat anak-anak sekolah yang baru pulang. Tahu sendiri kan, mereka suka sekali berjalan bergerombol memenuhi jalan sambil cekikikan. Belum lagi yang menyeberang dan yang nangkring di pinggir jalan. Bikin gemes deh pokoknya kalau melewati jalan di jam persis mereka berhamburan dari kelas.

  1. Enggak Ada Apa-Apa Tapi Macet

Kemacetan gaib seperti ini pasti sering kamu rasakan jika kamu tinggal di Jakarta. Kamu sedang di kendaraan, tapi tiba-tiba barisan depan mendadak parkir berjamaah. Kamu pun bingung, dan mulai menerka-nerka. Apakah ada kecelakaan, atau galian, atau demo, atau serangan alien? Sampai kamu melewati suatu titik, tiba-tiba jalanan lancar! Sampai kamu tiba di tujuanmu pun, kamu masih tidak menemukan jawaban ada apakah gerangan. Gaib.

Masih banyak penyebab kemacetan yang lain, tapi 6 penyebab kemacetan di atas mewakili para penyebab lainnya sebagai penyebab kemacetan paling menyebalkan. Mana yang paling membuatmu sebal?