Lakukan Ini Ketika Pacarmu Lagi PMS

by rina 0

Pre-Menstrual Syndrom (PMS) adalah gejala yang muncul sebelum dan ketika haid. Pengaruh hormon dan rasa sakit ketika menstruasi sering membuat emosi wanita menjadi tidak stabil. Sialnya, bukan hanya perempuan yang menderita, tidak jarang kaum Adam pun ikut menjadi korban.

Sewaktu PMS, perempuan bisa sangat manis seperti anak kucing, beberapa menit kemudian menangis meraung-raung seperti serigala melolong, beberapa detik setelah itu dia marah-marah sambil nyakar bagaikan harimau ngamuk. Duh, seram amat ya. Kalau laki-laki sih perumpamaannya cuma satu. Kambing hitam. Soalnya pasti disalahin terus.

Tapi jangan khawatir, kalau pacarmu sedang PMS, lakukan saja hal-hal berikut ini:

1. Bersabar, bersabar, dan bersabarlah, Bro

Tarik napas dalam-dalam dan embuskan. Memang yang kamu hadapi adalah pacarmu sendiri, bukan ular kobra. Tapi dengan melakukan hal ini, pikiranmu akan jadi lebih tenang dan berlapang dada ketika menghadapi ulah gadismu yang mulai aneh-aneh.

2. Jangan banyak tanya dan komentar

Kalaupun kamu tahu pacarmu sedang tidak hati karena PMS, tidak perlu bertanya, “Kamu sedang PMS ya?” Pertanyaan ini tidak akan membuat doi sadar, tapi justru akan memancing Perang Dunia ke-3. Tidak usah juga berkomentar tentang nafsu makannya yang mendadak banyak, mukanya yang pucat, jerawat yang bermunculan, rintihan-rintihan kesakitannya, atau pembawaannya yang jadi pemalas.

3. Jadilah pendengar yang baik dan jangan cuek

Andaikan pacarmu mulai mengeluh dan curhat tentang ini itu, cara menanggapi yang paling aman adalah dengan mendengarkannya dan memasang raut wajah pengertian. Lebih bagus ditambah senyuman ala aktor-aktor Korea.

Pasti ada kalanya kamu malas menanggapi pacarmu yang sedang PMS dan mulai bertingkah lebay. Tapi jangan mencuekkannya, bisa-bisa terjadi perseteruan karena dia merasa kamu tidak peduli.

4. Ikuti saja kemauan doi

Selama permintaannya masih bisa dituruti, ada baiknya di-‘iya’-kan saja. Pacarmu sedang menyesuaikan apa yang baik menurut kondisi fisik dan pikirannya saat itu. Seumpama kamu melawan atau memaksakan keinginanmu, dijamin nanti kamu akan repot sendiri. Kecuali kemauannya sudah mulai tidak wajar, misalnya ingin liburan ke Paris, pelihara ikan hiu, atau minta dibeliin roket. Kamu bisa menolak atau menawarkan pilihan yang masuk akal.

5. Jangan menambah masalah

Pacarmu mungkin saja seorang gadis yang cerdas dan sering memberi solusi untuk berbagai masalahmu. Tapi kalau dia sedang PMS, sebaiknya hindari dulu menceritakan problem yang sedang kamu hadapi. Semakin banyak pikiran dan uring-uringan, emosinya bakalan lebih mudah meledak-ledak.

6. Tetap semangat dan yakinlah bahwa badai akan berlalu

Ketika awal-awal terkena imbas PMS, pasti kamu merasa berat sekali seperti sedang mengalami kiamat sugra. Tapi tenang, Kawan, ini hanya akan berlangsung selama beberapa hari. Setelah menjadi makhluk super sentimental, dia akan kembali menjadi gadis unyu kesayanganmu.

Sesudah mengalami efek PMS berkali-kali atau bahkan bertahun-tahun, pasti kamu akan terlatih sehingga kebal. Ketika saat itu datang, kamu tinggal mengibaskan rambut dengan bangga. Masalah berat itu kini tidak lagi berarti, hanya bagaikan upil di antara pasir pantai.