Buat yang Lagi Menceret, Ini yang Harus Kamu Lakukan

by linda 0

Menceret atau diare adalah gejala penyakit sering buang air besar dengan feses yang encer. Biasanya diikuti dengan rasa mules pada perut dan panas pada bagian dubur. Rasa sakitnya membuat tubuh lemas. Ususmu seakan sedang diremas-remas.

Diare umumnya terjadi karena infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Selain itu, juga bisa diakibatkan oleh efek samping obat, faktor psikologi, maupun alergi makanan yang bersifat terlalu keras, seperti sambal yang sangat pedas atau kopi berkafeina tinggi.

Lazimnya diare dapat sembuh sendiri tanpa harus ke dokter. Walaupun begitu, jangan anggap sepele. Lakukan hal-hal ini supaya penderitaanmu berkurang dan segera pulih:

1. Istirahat

Ketika menceret, sebaiknya kamu segera rihat. Ambil izin atau cuti jika memungkinkan. Kompres bagian perut air dengan air hangat atau oleskan minyak kayu putih untuk meredakan rasa sakit.

Andaikan kamu coba tahan, kamu akan kehilangan konsentrasi pada pekerjaanmu. Hal terparah adalah kalau kamu kelepasan menceret di celana di tempat umum. Apalagi ditambah dengan suara ‘pret’ keras dan bau yang menyengat. Wah, dijamin kamu akan menjadi bahan olok-olokan teman-temanmu.

2. Jangan jauh-jauh dari kamar mandi

Tubuhmu sedang berusaha mengeluarkan zat-zat buruk dari bagian pencernaan. Kamu akan sering bolak-balik ke WC. Sampai-sampai rasanya kamu ingin makan, tidur, baca buku, menonton video, dan hidup di atas kloset saja.

Setelah kamu agak lega dan selesai menggunakan kamar mandi, jangan lupa semprotkan pewangi ruangan. Kalau tidak, bisa-bisa pengguna toilet berikutnya pingsan karena kebauan.

3. Konsumsi air yang cukup

Menceret membuat tubuhmu mengeluarkan banyak air. Oleh karena itu, minumlah sesering mungkin untuk mengganti cairan yang hilang agar badanmu tidak dehidrasi dan lemas.

Lebih bagus kalau kamu mengonsumsi tidak hanya air, tetapi oralit, teh kamomil, atau jus buah pisang. Minuman tersebut bergizi dan mempunyai efek untuk meredakan diare.

4. Hindari makanan yang memperparah menceret

Ketika diare, ada beberapa jenis makanan yang harus kamu hindari. Contohnya makanan berkafeina tinggi seperti kopi dan cokelat, makanan berminyak, buah dan sayur yang berserat, serta makanan penghasil gas semacam telur dan gandum. Alasannya karena makanan tersebut membuat perut bekerja lebih keras, sehingga akan memperparah menceret.

5. Makan makanan pereda diare

Ada yang harus dijauhi, ada juga makanan yang baik dikonsumsi sewaktu menceret. Misalnya yoghurt karena mengandung bakteri baik yang akan melawan bakteri jahat penyebab penyakit di dalam usus. Buah apel mengandung pektin yang mengurangi sakit menceret. Roti tawar dan kentang rebus sumber karbohidrat lunak untuk memberi energi pada badanmu.

Usahakan makanan dalam sudah bentuk bubur atau jika belum, kunyahlah dengan lebih lama daripada biasanya. Makan dan minumlah dalam porsi kecil dan frekuensi yang lebih sering. Dengan begitu, makanan akan lebih mudah dicerna tubuh.

6. Minum obat diare

Jika menceret sudah sangat menyiksamu atau belum sembuh dalam beberapa hari, pertimbangkan untuk minum obat diare. Obat tersebut biasanya mengandung loperamide yang dapat membuat tinja jadi lebih padat.

Obat diare dapat dibeli di apotek secara bebas. Tapi ada baiknya kamu ke dokter untuk mendapat pemeriksaan dan resep yang lebih tepat. Terutama kalau menceretmu disertai dengan nanah atau darah.

7. Jangan mengulangi kesalahan yang sama

Kalau kamu bisa mengira-ngira apa yang menyebabkan kamu menceret, hindari dan jangan dilakukan lagi. Cukup sudah mencoba-coba sambal yang super pedas atau makan di tempat yang kurang higienis.

Demikian cara jitu untuk mengatasi menceret. Semoga bermanfaat dan kamu bisa cepat sembuh ya.