Kok Bisa Gemuk Sih?

by Andria Nur 0

Source Image : prettyfatladies.tumblr.com
Source Image : prettyfatladies.tumblr.com

Untuk sebagian wanita jaman sekarang, gemuk itu mulai menjadi masalah mulai dari kalangan remaja hingga dewasa. Bayangkan saja, dimana-mana banyak bertebaran resto cepat saji yang jelas banget makanannya enak, nagih dan pastinya bikin gemuk *ketawa licik*

Gak bohong deh, yang namanya makan di tempat kayak gitu siapa sih yang yang suka, tempatnya nyaman, fasilitas seperti wifi dan toilet juga ada. Makin betah banget kan. Bayangkan kalau misalnya kamu nongkrong di salah satu resto cepat saji bareng teman – teman, udah ngobrolnya lamaaa, terus ada waktu dimana kamu juga asik dengan gadget, terus mendadak laper, terus kamu pesan makanan ringan seperti ice cream, kopi dengan gula yang manis dll, terus kamu duduk berjam – jam, terus laper lagi terus pesen makan makanan berat cepat saji juga, hmmmm… sudah berapa banyak kalori yang kamu tumpuk di badan kamu.

Kita baru bicara dalam hitungan jam ya, coba seandainya hal yang tadi saya umpamakan diatas kamu lakukan 2x dalam seminggu, sudah berapa kalori yang kamu tumpuk ditubuh kamu. Di perparah lagi kalau kamu gak olah raga sama sekali -____________-

Sebernya banyak faktor yang bikin kita gemuk. Faktor apa saja yang membuat seseorang menjadi gemuk? Berikut survey kecil – kecil yang saya lakukan pada orang sekitar saya :

  1. Kebiasaan buruk tidur tengah malam atau bergadang. Lohh.. Lohh.. kok begadang malah bikin gemuk sih? Tau gak sih justru bergang itu adalah pemicu kita gemuk, coba buat kamu yang tengah malem bergadang  pasti ada aja alasan untuk bukan lemari es dan cek Рcek ada makan yang bisa dicemil atau gak, kalau ada pasti langsung kamu makan. Gimana kalau gak ada? Tujuan utama yang ada dipikiran adalah mie instan, dan kalau malem-malem makan mie instan gak 2 bungkus pasti rasanya kurang. Ya gak? hahaha (gimana gak gemuk)
  2. Kebiasaan jarang minum air putih. Nah untuk kamu yang jarang minum air putih, ini adalah masalah yang berat banget. Selain hal itu buruk untuk kesehatan tubuh kamu, dengan kurangnya asupan air, akan membuat kamu terus merasa lapar, dan finally kamu memilih untuk nyemil. Masuk akal gak?
  3. Menyediakan bermacam – macam cemilan di meja kantor, di kosan atau bahkan gak sarapan pagi. Alasan ini sih jujur pengalaman pribadi saya. Karena kebanyakan stock cemilan di meja, sekarang saya mulai menggendut. Niatnya buat nyemil sesekali, tapi itu bohong, saya gak kuat tergoda cemilan – cemilan di atas meja. Terus cemilan di kosan itu juga berbahaya, setelah sibuk dengan semua kegiatan harian di kantor atau di sekolah atau di kampus, terus pulang dengan kedaan capek, bawaannya tuh gak kontrol makan, apa lagi kalau kosan kamu ber-ac, kelar deh. Perut bawaannya laper. Sejujurnya, nyemil juga salah satu hal yang paling banyak menyumbang kalori – kalori gak jelas buat tubuh kamu yang akan berakhir membuat kamu jadi gendut.

Tigal hal diatas tadi adalah prilaku yang mematikan banget buat tubuh kamu yang cantik aduhai. So, sebisa mungkin harus kamu hindarin.