Kenapa Kita Harus Ciuman? Apa Dampak Positif Bagi Tubuh?

by Andria Nur 0

Haha seperti pada judulnya, kali ini kita akan berbicara mengenai ciuman. Kenapa seseorang harus berciuman? dan Apa dampak positif bagi tubuh? Ciuman itu memang di identikan dengan cinta. Ya, ciuman itu dilakukan olah orang – orang yang saling mencintai. Cinta tidak hanya untuk lawan jenis saja melainkan cinta bisa cinta kepada ibu, kepada saudara, dan kepada sahabat.

Ciuman memiliki beberapa dampak positif untuk tubuh, seperti apa dampaknya? Berikut 9 dampak positif dari ciuman :

  1. Ciuman itu sangat bermanfaat pada sistem peredaran darah. Saat berciuman, denyut nadi kita menjadi lebih cepat hingga 110 denyut per menit. Ini sangat baik untuk sistem kardiovaskular kita. Gimana gak deg-degan coba, kalau kita ciuman sama lawan jenis pasti bawaannya deg-degkan karena merasa senang atau mungkin ada yang deg-degkan karena takut ketauan #eaaa hahaha..
  2. Ciuman lebih dari tiga menit, rumornya mampu kita melawan stres dan kolesterol, karena ciuman memicu rantai reaksi biokimia, yang menghancurkan hormon stres. Gimana kamu setuju dengan ini?
  3. Menurut sebuah penelitian berciuman dengan pasangan dapat membakar kalori, 2-3 kalori per menit dan dapat melipatgandakan tingkat metabolisme. Hahaha, tapi bukan berarti kamu gak perlu oleh raga lohh..
  4. Berciuman itu baik untuk jantung, karena menciptakan adrenalin yang membuat jantung memompa lebih banyak darah ke seluruh tubuh. Jadi ciuman secara ilmiah terbukti untuk menstabilkan aktivitas kardiovaskular, menurunkan tekanan darah dan kolesterol,
  5. Saat kita ciuman ada sekitar 30 otot wajah yang bergerak. Dengan gerakan tersebut otomatis akan membantu menjaga otot-otot wajah agar selalu kencang, mencegah keriput dan menciptakan kulit yang halus,
  6. Beberapa dokter gigi percaya bahwa berciuman adalah tindakan pencegahan terhadap karies gigi. Setelah dilakukan penelitian, ternyata memang benar, dengan berciuman kita merangsang aliran salvia yang bertugas untuk menghilangkan lapisan asam pada gigi dan mencegah terjadinya karies gigi,
  7. Ciuman itu juga mampu mengurangi kecemasan dalam pikiran. Hal ini terlihat dari meningkatkan hormon oksitosin, yang menghasilkan perasaan damai. Hmm, panstas aja, cewek kalau lagi marah – marah terus dicium pasti langsung reda marahnya, ternyata ini toh alasan ilmiahnya, hihi..
  8. Bahkan ciuman bisa menjadi daya tarik awal kamu kepada seseorang. Dengan ciuman, seseorang akan merasakan bergitu hangatnya kamu hingga menciptakan sebuah       perasaan tenang dan nyaman saat bersama.
  9. Satu penelitian di Jerman menemukan bahwa pria yang mendapatkan ciuman dari istri mereka sebelum berangkat kerja, dapat menghasilkan lebih banyak uang dari pada mereka yang tidak mendapatkannya. Hal ini terjadi karena sebuah ciuman membuat orang lebih bahagia, meningkatkan harga diri dan, pada akhirnya, lebih produktif di tempat kerja.

Nah ternyata banyak banget manfaat ciuman yang bisa kita dapatkan. Eiits.. tapi ingat, untuk kamu yang muslim sangat dianjurkan hanya mencium mukhrimnya saja atau yang sudah menjadi mukhrim, kalau gak dosa loh..

Selain ciuman memiliki dampak positif, perlu kamu ketahui juga bahwa ciuman juga memiliki dampak negatif, seperti salah satu jalan penularan beberapa penyakit. Jadi kamu juga harus berhati-hati saat berciuman, apakah seseorang yang kamu cium itu sedang sakit atau tidak.

Terakhir, untuk sehat jangan hanya berfikir cukup dengan ciuman aja terus badan kamu menjadi sehat, kamu tetap harus melakukan olah raga dan menjaga pola hidup sehat. Menjaga makanan seperti mengkonsumsi makanan yang berserat, minuman seperti memperbanyak minum air putih, sebisa mungkin hindari minuman beralkohol atau minuman bersoda dan yang  terpenting jangan pernah coba-coba untuk merokok. Buat kamu yang sudah terlanjur cecanduan rokok, coba deh untuk pelan – pelan mengurangi rokok. Oke, mari sekarang kita berciuman :*