macam-macam gelagat orang yang lagi kebelet

by ariel 0

Setiap orang punya gayanya masing-masing dalam mengekspresikan diri. Bahkan untuk ekspresi bahagia yang universal saja, setiap orang punya cara yang berbeda-beda. Begitu juga soal perkara kebelet, tiap pribadi pasti menampakkan gelagat yang berbeda. Nah, biar kamu sadar bahwa lawan bicaramu sudah di ‘fase ujung’, dan butuh kamu untuk berhenti bicara, simak ulasan gelagat-gelagat orang ketika kebelet buang hajat berikut ini.

1. Goyang-goyang

Salah satu gelagat paling umum nih, goyang-goyang gelisah—bukan goyang itik ya. Jika sedang berdiri, biasanya orang akan melakukan gerakan-gerakan tidak perlu untuk mengalihkan hasrat kebeletnya. Menggoyang-goyangkan kaki atau pinggul berarti dia benar-benar butuh ke toilet.

2. Menyilangkan kaki

Nah, yang ini biasanya dilakukan ketika dalam posisi duduk. Jika rekan kerjamu terlihat menyilangkan kaki dengan posisi yang tidak nyaman, ditambah lagi sembari menggeser-geser duduknya, itu tandanya dia kebelet pipis. Tapi kalo rekan kerjamu itu wanita dan kamu pria, menyilangkan kaki sambil mepet-mepet ke kamu, nah, lain lagi itu artinya.

3. Melirik jam dinding dan pintu keluar

Ketika sedang rapat bersama para petinggi, kadang membuat staf junior menjadi segan untuk meminta izin ke toilet. Tapi jika kamu perhatikan rekan kerjamu dengan saksama, yang paling sering melirik jam dinding dan pintu keluar kemungkinan besar adalah orang yang akan berlari ke toilet setelah rapat selesai.

4. Mesem-mesem

Untuk beberapa jenis orang, ada yang mukanya malah mesem-mesem ketika kebelet. Aneh memang, tapi bisa juga pertanda kebelet yang lain sih.

5. Memegang pantat

Entah apa korelasinya, tapi mungkin ada sugesti jika ditahan dengan tangan maka kebeletnya akan hilang. Atau bisa juga karena pantatnya memang gatal.

6. Mencari batu

Meski tidak pernah terbukti secara ilmiah, mitos yang sangat terkenal ini masih dilestarikan di berbagai daerah di Indonesia. Ketika toilet tidak bisa dicapai dengan segera, pertolongan pertama yang dilakukan adalah dengan menggenggam batu kuat-kuat, agar dorongan untuk buang hajatnya berkurang. Tidak jelas siapa pencetus ide memegang batu ini pertama kali, tapi memang banyak yang memberikan testimoni positif terhadap tingkat keberhasilannya. Jadi. kalau teman kamu mulai mencari-cari batu ketika bicara denganmu, segera beri tahu dia lokasi toilet terdekat.

7. Pucat

Gelagat yang satu ini agak ambigu sih, karena pucat bisa berarti banyak hal dan tidak melulu berarti kebelet. Bisa jadi dia memang sakit, atau sedang tidak enak badan, atau malah sedang kelaparan.

8. Berkeringat dingin

Beberapa orang, ketika kebelet tapi harus menahan, akan jadi berkeringat dingin. Kecuali kamu sedang berada di ruang tunggu sebuah wawancara kerja, orang berkeringat dingin yang duduk di sebelahmu kemungkinan besar sedang ‘berjuang’ mengalahkan dirinya sendiri.

9. Lari terbirit-birit

Yang satu ini sudah jelaslah ya, sungguh terlalu kalau kamu masih enggak sadar juga lawan bicaramu kebelet. Berlari terbirit-birit ke toilet terdekat akan dilakukan oleh orang yang sudah mencapai ‘fase paling ujung’. Jangan halangi jalan orang yang sudah mencapai fase ini, jika tidak, akan terjadi tragedi yang merugikan semua pihak.

Seyogyanya, ketika kamu melihat gelagat tidak nyaman dari lawan bicara, hentikan pembicaraan sejenak, dan tanya apa lawan bicaramu baik-baik saja. Bisa jadi mereka sedang kebelet, tapi karena segan memotong kamu yang sedang bicara, mereka tersiksa menahan panggilan alam. Kasihan, kan?!

Kamu sendiri kalau sedang kebelet, gayanya seperti apa?