Gaya Hidup Sehat Menurut Ilmu Kedokteran

by ariel 0

Hidup sehat itu tidak sulit, cuma memang perlu dedikasi dan kedisiplinan. Sebenarnya hidup sehat itu bukanlah sebuah pilihan, tapi kewajiban. Tentunya kita akan lebih nyaman menikmati hidup ketika kita sehat. Kamu pasti tidak mau menghabiskan masa tuamu dengan sibuk menghindari berbagai pantangan, karena tubuhmu yang sudah mulai tidak berfungsi sebagaimana mestinya kan? Bagaimana, sudah mulai tergugah untuk memulai gaya hidup sehat? Seperti apa sih gaya hidup sehat itu? Simak 5 langkah mudah hidup sehat yang direkomendasikan para dokter berikut ini.

  1. Periksa Kondisi Kesehatan Saat Ini

Untuk memulai hidup sehat yang tepat untuk kondisi tubuhmu, lakukan medical checkup rutin untuk memantau status kesehatanmu sekarang. Konsultasi dengan dokter tentang diet dan asupan gizi yang sesuai dengan hasil pemeriksaanmu.

  1. Olahraga

Tidak ada tips hidup sehat yang mengabaikan olahraga. Kamu tidak punya alasan untuk menghiraukannya lagi. Olahraga adalah hal yang harus dimasukkan setiap orang ke dalam jadwal mereka. Para pakar kesehatan merekomendasikan untuk berolahraga dengan total durasi minimal 75 menit per minggu, dan melakukan gerakan aktif untuk mengencangkan otot sekurang-kurangnya dua hari dalam sepekan.

Jika keinginanmu untuk bermalas-malasan terlalu besar, pilih aktivitas fisik yang sesuai hobi. Misalkan, hobimu adalah melihat cewek yang mengenakan rok mini, kamu bisa pilih olahraga tenis sebagai pilihan. Hobi tersalurkan, badan pun ikut sehat.

  1. Diet

Diet itu bukan hanya untuk orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan saja. Diet juga bukan berarti melaparkan diri dengan tidak makan. Itu adalah persepsi yang salah. Kebutuhan diet setiap orang itu berbeda-beda, karena setiap orang memiliki kebutuhan kalori dan gizi yang berbeda-beda pula. Jangan main contek pola makan si A hanya karena badan si A aduhai. Atur pola makan sesuai kondisi kesehatan dan aktivitas yang kamu lakukan.

  1. Jauhi Orang-Orang Itu

Jika orang-orang di sekitar adalah sumber stres terbesarmu, jauhi orang-orang itu. Hidup ini terlalu singkat untuk dihabiskan bersama orang-orang yang membuatmu merana. Temukan orang-orang yang membuatmu bahagia dan nyaman, karena pikiran yang sehat akan membuat tubuh sehat pula. Jika orang-orang itu tidak bisa kamu hindari, jangan biarkan mereka merusak kedamaian pikiranmu. Kelola stresmu agar tidak berdampak pada kesehatan.

  1. Istirahat Cukup

Kunci tubuh dan pikiran yang sehat adalah istirahat yang cukup. Tapi ini bukan berarti menjadi alibi kamu untuk tidur seharian di akhir pekan. Karena jangan salah, tidur berlebihan justru berdampak buruk pada tubuh dan membuatmu merasa lebih lelah.

Seperti kata orang tua dulu, mencegah itu lebih baik daripada mengobati. Mumpung masih sehat, ayo kita jaga nikmat kesehatan yang kita punya. Jangan malas, Anak Muda!