Cara Stres untuk Menghilangkan Stres

by adee 0

Siapa pun dan apa pun statusnya, semua orang pasti pernah mengalami stres, apakah dia seorang direktur perusahaan, dokter, seniman, pemulung, termasuk juga saya dan kamu. Iya, kamu! Jangan pura-pura baca artikel, ngaku aja kalau kamu juga pernah stres, iya kan?

Dalam tahapan tertentu, stres bisa hilang sendiri seiring dengan redanya permasalahan yang dialami. Jika stres dibiarkan berlarut-larut, maka bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan, mulai jantung berdebar, mual, kulit gatal-gatal, gigi kuning, sampai pusing pala barbie. Bohoong deeng. Yang jelas stres bisa memicu peningkatan hormon kortisol yang menyebabkan berbagai gangguan sistem metabolik terhadap organ, jaringan, serta sistem kekebalan tubuh. Selain itu stres juga dapat juga memengaruhi aspek perilaku dan psikologis individunya. Beuuh, gaya ya bahasanya .

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi stres atau bahkan mengilangkan dan membuat kamu lupa, selupa-lupanya. Tapi awas jangan sampai lupa ingatan (gila doong). Penasaran? Yuk kita simak bersama-sama.

  1. Makan cokelat

Baby-makan-chocolate

Saat stres tubuh akan memproduksi lebih banyak hormon kortisol yang dapat menyebabkan gangguan seperti yang sudah dijelaskan tadi, kayak deg-degan, perut melilit, pengen marah, dan sebagainya. Untuk menguranginya, cobalah melakukan relaksasi sambil mengonsumsi makanan-makanan yang bisa menurunkan kadar kortisol, seperti misalnya cokelat.

Terlebih kalau cokelatnya cokelat Swiss, makannya di lereng pegunungan Alpen sambil nonton orang-orang yang main ski, terus keliling-keliling Jenewa, lanjut ke Wina, loncat ke Paris, dan liat-liat tas Hermes dan Louis Viton di Champs-Élysées. Ah, dijamin stres langsung hilang. Ya kan?

  1. Lakukan meditasi

group-meditation

Berdasarkan penelitian, melakukan meditasi dapat menurunkan kadar kortisol hingga 20%. Tapi nggak usah juga meditasi di gua Mbah Jambrong, berbulan-bulan, terus bawa sesajen. Bisa-bisa pulang jenggotan, jadi sakti, dan bawa jenglot. Hiiiiii…

  1. Dekatilah orang-orang yang lucu dan tertawalah

Laughing guy closeup

Bergaul dan tertawa adalah cara yang sangat ampuh untuk mengurangi tingkat stres. Jadi pas kamu lagi stres, coba aja main ke studio TV cari-cari Sule, Tukul, atau Nunung Srimulat. Pas ketemu, langsung aja ketawa, kalau bisa sambil guling-guling (begitu bukan caranya?). Karena saya sendiri belum coba, nanti kasih tau saya ya gimana hasilnya .

  1. Mendengarkan musik yang lembut

girl-listening-music

Musik yang lembut bisa memberikan efek menenangkan pada otak dan bisa mencegah peningkatan hormon kortisol hingga 66%. Agar lebih optimal, dengarkan musik lembut di Café & Lounge yang cozy, sambil minum secangkir cokelat hangat & pesan menu caviar. Ajak semua teman, traktir, dan biarkan mereka memesan semua yang diinginkan. Pada saat itu, stres kamu pasti hilang, tapi nggak tau juga nanti kalau tagihannya datang.

  1. Kunyah permen karet

gum-kunyah

Penelitian di Inggris menunjukkan fakta kalau mengunyah permen karet dapat membuat otak jadi tidak terlalu bersemangat memproduksi hormon kortisol. Sebab ketika mengunyah, aliran darah semakin lancar dan aktivitas semakin optimal. Permen karet aja bisa bikin begitu, apalagi kalau yang dikunyah bola bekel atau sendal Swallow, dijamin otaknya nggak mau produksi hormon kortisol lagi. Nggak percaya? Coba aja, hehehe.

Yah, itu tadi sedikit tentang cara menghilangkan stres, semoga nggak makin tambah stres ya,