[Buat yang Lagi Pilek] Nih Cara agar Tidak Meler Saat Makan Makanan Pedas

by melani 0

Kamu sedang pilek? Tapi ingin makan makanan pedas? Makan pedas saat pilek hampir selalu menyebabkan hidungmu meler dan mengeluarkan ingus. Dan ini tentu dapat menurunkan harga dirimu, apalagi jika kamu sedang makan bareng si doi. Sesayang apapun doi sama kamu, kombinasi pemandangan ingus meler dan suara “sroot” dari hidung karena mengeluarkan ingus, akan sangat merusak selera makan dan bisa bikin doi illfeel. Lalu gimana caranya agar kamu tetap bisa makan makanan pedas dan tidak meler?

  1. Makan secara Bertahap

b98f6f9001c8e

Jika kamu penyuka makanan pedas, tentu makanan akan terasa hambar jika harus makan tanpa rasa pedas. Segenap harimu akan terasa hampa, dan ada sebagian ruang di sudut lidahmu yang tidak terpuaskan. Ketika kamu pilek, rasanya meninggalkan makanan pedas untuk menghindari hidung meler bukanlah solusi yang tepat. Kalau kamu tetap bersikeras untuk makan makanan pedas tapi tidak ingin meler saat memakannya, kamu bisa menyiasatinya dengan makan secara bertahap. Saat makan dan lidah mulai terasa sensitif dengan rasa pedasnya, kamu perlu berhenti sebentar dan melanjutkan makan beberapa saat kemudian. Makan makanan pedas dengan cara bertahap dapat mengurangi level kepedasan yang kamu rasakan, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya meler pada hidung.

  1. Siapkan Es dalam Porsi Besar

es-batu-1

Cara lain agar tidak meler saat makan pedas di kala pilek adalah dengan menyiapkan es dalam porsi besar. Es dapat mengurangi rasa pedas yang terasa di mulut. Ketika rasa pedas mulai menyeruak memenuhi rongga mulut, segera minum es untuk meredamnya. Dinginnya es dapat meredam rasa pedas sehingga tidak sampai menjalar ke telinga maupun hidung. Rasa pedas yang teredam tidak akan membuatmu meler, dan kamu pun dapat menikmati lagi makanan pedasmu dengan enjoy.

  1. Tutup Hidung Menggunakan Tissue

5166d987bc220

Menutup hidung menggunakan tisu merupakan cara lain untuk menghindarkan diri dari hidung meler selama memakan makanan pedas. Jadi sebelum makan makanan pedas, siapkan cukup banyak tisu lalu lipat menjadi persegi panjang. Selanjutnya letakkan tisu menggunakan salah satu tangan dan tutupkan pada hidung. Jika kamu sudah siap dengan tisu, kamu sudah bisa memulai makan makanan pedasmu. Tisu tersebut berfungsi untuk menahan ingus yang kemungkinan akan meler ketika kamu memakan makanan pedas. Jadi semakin pedas makanan yang kamu makan, maka jumlah tisu yang kamu siapkan harus semakin tebal.

  1. Siapkan Garam Bubuk

sea salt in wooden bowl and spoon

Menyiapkan garam bubuk dapat menjadi salah satu tips jitu agar tidak meler saat memakan makanan yang pedas. Garam bubuk dapat menjadi penetralisasi rasa pedas di dalam mulut. Sebelum makan makanan pedas, siapkan garam bubuk di meja. Saat rasa pedas mulai menjalar di sekujur lidahmu, segera ambil sejumput garam lalu diamkan beberapa saat di dalam mulut, agar rasa pedas ternetralisasi dengan cepat oleh rasa asin garam tersebut. Jika mulut tidak lagi merasa pedas, maka risiko meler juga akan berkurang. Satu hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan garam untuk menetralisasi rasa pedas dan menghindari meler adalah, tips ini tidak berlaku bagi penderita tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Jika kamu menderita kedua penyakit tersebut, gunakan tips yang lain, jika kamu masih ingin sehat dan bisa menikmati makanan pedas lainnya.

Ternyata saat pilek masih bisa makan makanan pedas tanpa harus meler kan? Semoga bermanfaat.