Baru Lulus dan Mau Cari Kerja? Baca Ini Dulu!

by ariel 0

Ijazah sudah di tangan, euforia perayaan wisuda telah usai, tertampar satu pertanyaan realita: setelah ini mau apa? Mau usaha atau mau cari kerja? Mau usaha tapi modalnya belum ada, cari kerja saja deh! Nah, buat kamu yang memutuskan untuk mencari pekerjaan setelah lulus, tapi bingung mulai dari mana, semoga artikel sederhana berikut ini bisa mengurangi sedikit kegalauan masa mudamu.

Siapkan CV-mu!

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup, adalah hal wajib-kudu-mesti yang akan menjadi modal pertamamu untuk memulai pencarian kerja. Banyak contoh CV yang bisa kamu contek di internet, pilihlah yang paling sesuai dengan target perusahaan yang kamu incar. Tampilkan data pendidikan, prestasi, dan kegiatan apa saja yang pernah kamu ikuti. Perhatikan relevansi data yang kamu cantumkan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar. Ah, prestasi juara lomba makan kerupuk di 17-an tidak perlu kamu cantumkan, coret segera.

Daftar Situs Pencari Kerja

Nah, yang ini juga penting nih. Setelah selesai memoles CV, saatnya terjun ke luar sana bergabung dengan pencari kerja lain di situs-situs pencari kerja. Ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih, seperti Jobstreet dan JobsDB. Buat profilmu di situs-situs sejenis dan unggah CV terbarumu. Tidak boleh ketinggalan, buat profil profesionalmu di situs seperti LinkedIn, karena biasanya perusahaan-perusahaan zaman sekarang akan mengecek kredibilitasmu di LinkedIn.

Mendaftar di situs pencari kerja juga akan memudahkanmu mengecek bursa kerja, dan tawaran seperti apa yang diberikan para perusahaan di bidang yang kamu incar. Kamu juga bisa memasang minimal gaji yang kamu inginkan di profilmu, dan menyaring perusahaan mana saja yang menawarkan gaji sesuai. Berhubung profil yang akan kamu buat merupakan profil profesional, jangan menggunakan nama-nama alay ya.

Ikut Job Fair

Kalau kamu tinggal di kota-kota besar, atau tidak terlalu jauh dari kota besar, kamu akan memiliki banyak kesempatan untuk mengikuti job fair. Dengan mengikuti job fair, kamu akan memiliki peluang lebih besar untuk menemukan pekerjaan dibandingkan dengan melamar secara online. Hal itu karena biasanya pada saat job fair banyak perusahaan yang melaksanakan wawancara di tempat. Jadi kamu enggak perlu merasa digantung menunggu panggilan wawancara gitu. Makanya, jangan pakai jeans ya kalau ke job fair.

Sertifikasi

Sudah sering memencet tombol “Apply” di Jobstreet, sudah rajin ikut job fair, tapi masih belum ada panggilan? Tidak perlu bermuram durja dan membusuk di sudut kamar, kamu bisa mengisi waktumu dengan mengikuti sertifikasi keahlian yang akan meningkatkan nilai jualmu. Sertifikasi bahasa inggris misalnya, adalah salah satu yang akan bikin CV-mu terlihat kinclong. Pilih sertifikasi yang akan membantu pekerjaanmu nantinya, niscaya para pemberi kerja akan lebih mempertimbangkanmu dibandingkan fresh graduate biasa.

Jangan putus asa dan teruslah mencoba, karena rezeki sudah ada yang mengatur. Semangat terus, Anak Muda!