5 Tips Usaha Modal Dengkul Ini Bisa Membuat Dompetmu Menebal

by adee 0

Serius nih walau cuma modal dengkul yang banyak bekas boroknya bisa kaya raya?

Nggak bohong bin hoax kan? Nanti salah-salah ada “syarat dan ketentuan berlakunya” lagi.

Jadi beneran dengan cuma modal dengkul dan enggak pakai duit bisa bikin usaha?

Bisa kaya raya kayak Marc Zuckerberg?

Bisa, coba baca baik-baik deh dan praktikkan tips usaha modal dengkul di bawah ini. Kalau berhasil, ciprat-ciprat ya, setuju!?

1. Jadi Kurir Manusia atau Barang

Enggak harus buat perusahaan besar mirip ge-Gojek-an. Cukup pakai motor yang biasanya kamu pakai untuk bonceng gebetan, meski ujung-ujungnya tetap di-friend zone-in. Modalnya cuma bensin sih, tapi lumayanlah, Bro. Seliter bisa buat nganterin manusia atau barang berkali-kali. Anggap sehari dapat Rp50.000,00 kalau sebulan sudah sejuta lebih. Ya, daripada nganggur enggak jelas dan diolokin pengangguran enggak guna, mending jadi “kurir” (karena kalau menyebut “ojek” rasannya harga diri hancur, terlebih yang sudah sarjana).

2. Jadi Sales Keliling Negeri

Ini dengkul beneran sebenarnya. Kamu kudu jalan dari kampung ke kampung. Dari kota ke kota untuk mencari konsumen. Kalau beruntung sih kamu bisa dapat banyak. Kalau lagi buntung, ya bakalan diusir-usir. Kalau jadi sales, baik produk orang atau produk sendiri, kamu harus pinter ngoceh, Bro. Minimal belajar bagaimana merayu emak-emak. Kalau wajah kamu cakep, bolehlah ditambah kedip-kedip dikit. Dijamin mereka iya-iya saja. Tapi kalau modal wajah pas-pasan, yah yang sabar saja ya. Mungkin coba lagi di lain kesempatan.

3. Jadi Reseller Barang Online

Daripada laptop nganggur cuma buat main game atau ngunduh ehem yang kamu sembunyiin di folder dalam folder paling dalam banget. Mending dijadikan alat tempur deh. Kamu bisa mulai bisnis online yang konon bisa membuatmu jadi orang kaya. Serius! Bisnis online tanpa modal benar-benar menjanjikan untung yang berlipat-lipat. Coba jadi reseller barang-barang yang emak-emak atau cewek-cewek demen. Misal sepatu KW, tas KW, atau kosmetik, dan obat diet.

4. Gabung dengan MLM

Enggak disarankan banget sih, tapi kalau kamu jago banget ngomong. Lihai ngerayu siapa saja, coba deh ikutan bisnis ini. Katanya sih kalau bisa bikin bayak member baru bisa dapat untung yang berlipat ganda. Yang dibutuhkan cuma kerja keras, belajar ngomong, dan banyak-banyak doa agar besoknya banyak member baru yang gabung.

5. Ngutang Sama Orang Tua

Ok ini agak malu-maluin sih sebenarnya. Tapi setidaknya kalau ngutang ke orang tua buat buat usaha, enggak akan kena bunga. Uang enggak beranak-cucu-cicit mirip rentenir. Dari sini kamu bisa buat usaha dengan modal dengkul. Iya, soalnya lama banget sujud dan mohon-mohon biar diutangin duit yang banyak. Tapi yang nama orang tua mana tega lihat anaknya nangis alay sehari semalam. Akhirnya ACC deh utangnya. Jadi bisa buat usaha untuk menyongsong masa depan.

Uhuk, inilah lima tips usaha modal dengkul yang bisa kamu lakukan saat ini juga. Jadi dari lima di atas, mana yang akan kamu lakuin terlebih dahulu? Pasti no. 5 ya? Hayo ngaku!