5 Tips Traveling Sukses Meski Kantong Kosong Melompong

by adee 0

Pada dasarnya traveling adalah sebagian dari kepengen yang enggak keturutan. Terutama buat mereka yang cuma nganggur di rumah, atau karyawan kantor yang utangnya sudah kayak gunung. Traveling atau piknik akhirnya cuma jadi angan belaka. Mau nekat pergi tapi takut enggak bisa survive di jalanan. Tapi kalau diam saja, suka baper liat foto teman di IG yang kelihatan bahagia bak di surga.

STOP galau yang membuatmu semakin ngenes, Guys! Coba deh praktikkan lima tips traveling tanpa duit di bawah ini. Dijamin kamu bahagia dunia akhirat meski modal malu dikit sih. But, enggak ada salahnya dicoba, kan?

1. Ajak Teman yang Banyak

Paling enggak, kalau banyak teman modal buat pergi traveling bisa dibagi rata. Kamu enggak bakalan menahan lapar selama beberapa hari sebagai ganti duit buat modal traveling. Coba cari teman yang loyal banget. Yang masalah duit enggak itung-itungan. Terpenting lagi, cari teman yang pengen banget ditemani traveling. Yang semboyan hidupnya: enggak ada lo enggak rame! Dijamin, tanpa modal apa-apa kamu bisa traveling ke mana-mana. Buktikan kalau enggak percaya.

2. Ajak Teman yang Hobinya Makan

Kalau enggak ada duit, emang modal malu butuh digalakan. Misalnya saat teman yang hobi makan memesan hidangan. Kamu bisa lah pura-pura enggak pesan. Alasannya enggak lapar (jangan ngomong enggak ada duit). Tapi saat teman kamu makan, bisa lah kasih kode garis keras mirip orang enggak makan berbulan-bulan. Dijamin kamu akan dikasih. Ok, ini enggak minta makanan. Cuma ngasih kode kalau kamu lapar. “Minta” sama “ngasih kode” adalah dua hal yang berbeda. Buktinya, cewek dikode keras saja tetap enggak sadar, kapan pacarannya coba?

3. (Usahakan) Ajak Teman yang Punya Kendaraan

Bro, aku yang boncengin kamu. Jadi bawa kendaraan sama bensinnya diisi penuh.” Nah, paling tidak jadi sopir, biar enggak malu-maluin banget. Setidaknya kamu sudah berkorban sedikit. Masih pakai modal tenaga meski duit enggak keluar. Traveling dengan kendaraan pribadi emang lebih hemat. Yang lebih penting lagi kamu bisa punya banyak alasan untuk bilang: “Bro agak lemes nih, masa sopirnya enggak dibeliin makan?”

4. Memengaruhi Orang Rumah atau Kantor

Kamu bisa pengaruhi orang kantor buat acara outing yang rutin diadakan setiap tahun. Pengaruhi mereka untuk datang ke tempat yang jadi impianmu. Dijamin gratis, bahkan bonus akomodasi dan makan. Selanjutnya yang masih nganggur saja, coba pengaruhi orang tua, kalau perlu dipelet sekalian biar mau pergi family gathering di tempat yang kamu inginkan selama ini. Gratis juga, kan?

5. Nyari Teman yang Dekat dengan Tempat Wisata

Zaman sekarang banyak kok forum-forum traveling. Kamu bisa cari teman di dekat tempat wisata itu. Coba baik-baikin hingga akhirnya mereka mengizinkanmu tinggal di tempatnya. Kalau beruntung dapat makan gratis setiap hari. Oh ya, jujur saja sama mereka kalau kamu pengangguran tak punya uang tapi baper dan pengen piknik. Dijamin kamu akan dapat servis yang sempurna.

Nah, itulah sekelumit tips traveling tanpa modal (modal malu sih sebenarnya) yang bisa kamu lakukan. Jadi, kapan kita ke mana?