4 Tipe Bos yang Paling Umum

by ariel 0

Setiap kantor punya ciri khasnya masing-masing, dan juga punya bos dengan gaya kepemimpinan yang berbeda-beda pula. Ada yang menyenangkan, dan ada pula yang membuat kening berkedut. Semakin lama kamu berkecimpung di dunia perkantoran, semakin besar juga peluangmu bertemu tipe-tipe bos yang berbeda. Apa saja tipe-tipe bos yang paling umum? Simak ulasannya berikut ini.

  1. Pintar dan Menyenangkan

Tipe pertama ini adalah tipe yang didambakan semua pekerja: punya visi, punya sikap, dan punya kepribadian yang menyenangkan. Pertama kali masuk dunia kerja? Kamu jangan banyak berharap langsung bertemu dengan tipe bos idola satu ini, karena mereka boleh dikata, adalah makhluk langka. Tipe bos ini tidak hanya benar-benar mengerti pekerjaannya, tapi juga pintar bercanda, dan ramah pada bawahannya. Bawahan bos tipe ini biasanya sangat loyal, dan bahkan tidak sungkan untuk mengadakan acara meriah untuk merayakan ulang tahunnya. Saking langkanya bos seperti ini, mereka perlu dilestarikan dan dijadikan kiblatmu jika kamu jadi bos nantinya.

  1. Pintar Tapi Menyebalkan

Bos tipe ini banyak sekali populasinya. Mereka biasanya sangat tegas dan sulit menoleransi kesalahan bawahannya. Jika kamu melakukan kesalahan, dialah yang akan lebih dulu menemukannya—karena kepintarannya—dan menyemprotmu habis-habisan. Bos jenis ini biasanya sangat disegani sekaligus ditakuti oleh para bawahannya. Tipikal orang yang akan membuat suasana kantin yang tadinya riuh ramai menjadi hening seketika. Horor sih, tapi bisa dimaafkan lah, karena dia pintar kamu jadi bisa belajar banyak.

  1. Asik, Tapi Tidak Pintar

Nah, jenis ini akan membuatmu sedikit merasa bersalah setiap kali berurusan dengannya. Orangnya asik, tapi sayang sekali tidak pintar. Tidak pintar di sini bisa jadi karena dia dipindahkan dari bagian lain yang jauh berbeda, atau dia sulit mengikuti perkembangan terbaru dalam pekerjaannya. Dia orangnya suka bercanda, tapi gampang sekali ditipu bawahan. Biasanya dia gampang bergaul dengan bawahan, tapi kalau sudah menyangkut urusan pekerjaan, dia tidak bisa diandalkan. Kasihan juga sebenarnya, baik tapi sering dikibuli bawahan.

  1. Sudahlah Tidak Pintar, Menyebalkan Pula

Sial benar nasibmu jika harus punya bos tipe ini. Bisanya cuma marah-marah, tapi ketika ada masalah pekerjaan yang membutuhkan arahannya, dia tidak bisa memberikan solusi. Bos jenis ini biasanya sangat tidak disukai dan jadi bahan gunjingan oleh bawahan. Mereka seringnya naik ke level manajerial hanya karena senioritas atau koneksi belaka—bukan karena kompetensinya. Makanya tidak heran, mereka bukanlah sosok pemimpin yang punya visi dan wibawa. Jangan harap dia akan punya waktu untuk memberikan arahan dan bimbingan, dia tidak mempersulit hidupmu di kantor saja sudah harus disyukuri.

Nah, kamu sendiri, bos di kantormu termasuk ke dalam tipe yang mana?